Resep Dan Cara Membuat Sayur Asem Khas Jakarta



Kumpulan Resep Masakan Resep Dan Cara Membuat Sayur Asem Khas Jakarta . Jakarta yang dikenal juga dengan sebutan Betawi ini diam diam juga punya makanan dan masakan yang tak kalah enaknya dari tempat tempat lain di Indonesia , Selain punya ciri khas dalam bidang seni yang kental banget , Kali ini giliran kuliner nya yang konon juga bikin orang yang baru mencicipi Sayur Asem Khas Jakarta ini penasaran pengen tau gimana sih resepnya ? .

Ini pengalaman admin Schndzziz sendiri nih . pernah saya makan di sebuah restoran di Jakarta Barat , dan ada seorang bapak-bapak memesan menu yang tergolong agak kebarat-baratan gitu deh . Sementar saya cuma pesan Semangkuk Sayur Asem Jakarta , tampak si bapak bapak tadi Tersenyum senyum pada saya , seolah mengejek makanan yang saya pesan tadi .

Saya bertanya
"Kenapa pak kok senyum-senyum? apa ada yang lucu" ?
"Oppps tidak tidak" kata si Bapak itu. 
"Saya heran kenapa anda cuma memesan semangkuk sayur asem" ?
padahal banyak aneka masakan yang enak lainnnya selain sayur asem ? Katanya. 
Lalu saya jawab denga singkat saja : 
" Pak , Makanan yang mahal tidak selamanya MENYEHATKAN BAGI TUBUH, Saya tau persis Kandungan dan Resiko dari makanan yang bapak pesan itu " . 
seraya tersenyum kepada Bapak2 tadi.

Resep Dan Cara Membuat Sayur Asem Khas Jakarta
Sayur Asem Khas Jakarta

Mungkin selera Saya sebagai penikmat kuliner Nusantara Indonesia begitu kentalnya , jadi saya kurang begitu doyan sama masakan masakan luar negeri , seperti masakan Jepang , Korea , Singapura atau Masakan Italy sekalipun . Saya lebih memilih menyantap masakan yang sederhana tapi sehat kaya Sayur Asem ini .

Dan inilah Resep Cara Buat Sayur Asem Khas Jakarta . Smoga bisa membantu ibu-ibu di dapur kesayangannya.


Bahan dan Bumbu Utama Sayur Asem/Asam Betawi Jakarta


  • 150 gram daging tetelan
  • 20 gram daun melinjo
  • 1 buah jagung manis
  • 5 lonjor kacang panjang
  • 50 gram kacang tanah
  • 100 gram labu siam
  • 50 gram melinjo
  • 150 gram nangka muda
  • 50 gram pepaya muda
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • Garam secukupya
  • Gula pasir secukupnya
  • 20 gram asam jawa
  • 2.500 ml air


Bumbu Yang Dihaluskan (Di Blender/Di Uleg) 


  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 1/2 sdt terasi
  • 5 butir kemiri



Cara Menyiapkan Bumbu dan Bahannya 


  • Pertama-tama potong daging tetelah dengan ukuran sesuai selera.
  • Potong melingkar jagung manis dengan ketebalan kurang lebih 3-4 cm.
  • Potong kacang panjang dengan ukuran kurang lebih 3 cm.
  • Rebus kacang tanah dan tumbuk kasar.
  • Potong labu siam berbentuk dadu dengan ukuran disesuaikan selera.
  • Memarkan lengkuas, lalu potong nangka muda dan pepaya dengan ukuran sesuai selera.
  • Larutkan asam jawa yang telah disiapkan dengan menggunaka 4 sdm air.
  • Haluskan semua bumbu halus yang telah disiapkan.


Cara Membuat Sayur Asem Khas Jakarta


  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, rebus terlebih dahulu air yang telah disiapkan. Masukan daging tetelan, tunggu hingga mendidih.
  • Masukan daun salam, lengkuas dan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk sampai merata dan masak hingga mengeluarkan aroma.
  • Jika aromanya sudah tercium, tambahkan melinjo, kacang tanah, nangka muda serta jagung muda. Masak semua bahan sampai setengah matang.
  • Jika sudah setengah matang, tambahkan bahan dan bumbu yang lainnya seperti pepaya muda, labu siam, garam, gula pasir dan larutan asam jawa. Masak semua bahan hingga mendidih.
  • Terakhir, masukan daun melinjo dan kacang panjang. Masak kembali hingga benar-benar matang. Setelah itu angkat dan sajikan.


Resep ini sudah saya coba dan Cocok disajikan dalam keadaan Cuaca Dingin , bikin tubuh hangat dan menambah energi vitalitas jika di santap pada pagi hari menjelang sekolah atau kerja . Sajikan juga untuk 10 Porsi !! Selamat Mencoba.