Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu



Perbedaan Batu Akik Asli Dan Palsu - akhir-akhir ini di Indonesia , tak terkecuali di daerah saya di Jawa Barat, entah kenapa tiba-tiba Booming orang-orang yang ramai membicarakan hingga mengoleksi dan membeli Batuan Mulia sejenis Batu Akik untuk dijadikan Perhiasan cincin di jari manisnya. Batu Mulia seperti Batu Merah Delima , Batu Safir , Batu Sulaeman , Kalimaya, dan Kecubung, Black Oval, Bacan ,Batu Virus , memang sangat Trend saat ini di Indonesia. Lalu Berapakah Harga Dari batu mulia diatas? Nah jika anda tau persis harganya, pasti anda tak akan tertipu dan di jamin Batu anda asli !!

Cara Membedakan Batu Safir Asli Dan Palsu
Gambar Batu Safir

Tiap orang bahkan ada yang berani merogoh koceknya sampai Milyaran Rupiah demi sebuah Batu yang merekan anggap sangat Mulia .
Namun di tengah derasnya ambisi dan kecintaan akan Nilai dari sebuah Batu Akik , tak jarang juga ada oknum oknum yang sengaja memanfaatkan Ramainya Minat terhadap Batu Akik , ada saja diantara mereka yang menjual Batu Akik Aspal (terlihat Asli namun Palsu).

Nahh, untuk itu hari ini menjelang Tahun Baru 2015 , admin blog schndzziz.net akan membantu anda para pecinta batuan / batu dan kolektor Batu Akik terbaik , terutama yang baru baru saja terjum mendalami dan mengoleksi, tapi bingung "Bagaimana Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli / Palsu" ?.
Berikut ada Pembahasan Lengkap Dan Tips Supaya Anda Tidak Kena Tipu dalam bertransaksi Batu Akik Asli 

Batu mulia ada yang sintetis atau plastik terbuat dari kaca / plastik,dan berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang bagaimana Cara Membedakan Batu Akik Asli Murni dan Palsu Imitasi.



Batu Kalimaya Yang Asli
Gambar Batu Kalimaya Yang Asli

Ciri Batu Akik Asli

1. Jika Batu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyallah batu itu ASLI . Lalu bagaimana jika Batu yang kita anggap asli itu cepat menghangat ?  

"Setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita.
Sedangkan untuk Batu Akik Yang Asli, jika kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. Dan pada jenis batu mulia lainnya seperti jenis batuan chalcedony dan kristal, jika di tempelkan di pipi terasa dingin

2. Jika di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama di bakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, 
jika ASLI ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat dibatu, 

3. Jika palsu meski di olesi air atau minyak untuk menghilangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Jika di bakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh” hal tersebut tidak berlaku pada jenis batu akik jenis kapur dan fosil, karena jenis tersebut sudah tentu jenis batuan akik lunak dan jika di bakar pasti hancur dan usang.

Catatan : 
"pengujian Asli atau Tidaknya batuan disini adalah diuji dengan api korek/mancis/rokok" .

Semua benda batuan terkeras sekalipun bahkan besi jika di bakar dengan intensitas api tinggi pasti akan terbakar gosong (Untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal) .
JANGAN MENGUJI HAL DEMIKIAN PADA JENIS BATU OPAL KALIMAYA , Garut Kristal karena Bisa Retak karena jenis batuan tersebut adalah kering mineral dan tidak tahan panas atau ringkih.

1. Meski dibakar dengan sulut rokok, korek/mancis batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal dan jangan sekali gunakan pada jenis batu fosil atau kapur, seperti pirus, dan fosil lainnya)

2. Lihat Serat didalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita jumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. anda pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia “Serat dalam batu”.

3. Batu Natural akan selalu memiliki serat baik fisik dalam seperti retakan atau serat es garis2 retak dll, TIDAK ADA BATU ALAMI NATURAL MULUS TANPA SERAT. itu adalah salah satu ciri sedimen bentukan alami mineral batuan bumi. 

4. Sebelum Anda Deal membeli sebuah Batu Mulia atau Batu Akik , tidak ada salahnya terlebih dahulu anda tanyakan kepada ahlinya atau cek di laboratorium untuk menguji kandungan batu, atau bisa juga saling bertukar fikiran dengan orang-orang yang Ahli dalam Bidang Batuan Mulia. 

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu
Gambar Batu Akik Merah Delima Asli

Ciri-Ciri Batu Mulia Akik Palsu  (Sintetis /Plastik) 

  1. Mudah  tergores dan lecet apabila terjatuh atau juga gesekan dengan benda keras lainnya.
  2. Kristal bening seperti kaca, tidak ada serat atau tidak terlihat serat dalamnya.
  3. Akan Terasa Lebih ringan jika di bandingkan dengan batu akik asli
  4. Akan ada perubahan jika anda membakarnya
  5. Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya dan terdapat gelembung udara seperti botol bir. (untuk jenis kristal) 
  6. Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya kecuali jenis batuan akik kapur dan fosil kayu.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal) 
  7. Akan ada perubahan jika anda membakarnya (selain jenis batu akik kapur dan fosil kayu)
  8. Kekuatan bahan batu lebih keras ketimbang batu aslinya. (tergantung jenis silika nya)
  9. Serpihan pecahan jika di basahi warna tetap tidak berubah.
  10. Bila di gesekkan ke kaca terasa kurang keset.

Okre !! demikianlah ulasan Lengkap tentang artikel terkini yang mengulas pokok bahasan tentang Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu . 
Semoga bermanfaat dan jangan lupa pesan Admin Schndzziz : 
"jaga terus Kelestarian Alam di Sekitar Anda , terutama Mineral dan Tambang , jangan seenaknya Anda mengeksplorasi tanpa aturan-aturan Demi menjaga lingkungan kita tetap Aman dan Tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan" .